10 Langkah Edit Fotomu layaknya Fotografrer Profesional

Tips & Trick – Belajar untuk menjadi seorang photographer handal tentunya butuh waktu bertahun – tahun untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, sebagai fotografer baru, kamu akan menemukan bahwa ada beberapa hal yang secara dramatis akan meningkatkan fotografi Anda tanpa banyak usaha.

Tetapi setelah kamu menerapkan tips & trick pada halaman ini dan mencapai titik menjadi fotografer yang kompeten,kalian akan menemukan bahwa kemajuan photography kamu akan lebih lambat dan pastinya kamu harus bekerja lebih keras untuk membuat fotomu hanya 1 atau 2% lebih baik.

Namun berikut ini adalah hal paling sederhana atau tips & trick dari photo-grid.org yang dapat kalian lakukan untuk segera melihat peningkatan pada foto kamu sendiri.

pencahayaan-foto

Pencahayaan adalah cara tercepat # 1 untuk membuat foto terlihat lebih profesional. Perbedaan terbesar antara foto di kiri dan foto di kanan adalah pencahayaan, yang memberikan kontras, ketertarikan, dan pop pada foto.

Tips # 1: Menangkap Pencahayaan yang Menarik

Pencahayaan adalah nomor satu di daftar ini karena suatu alasan. Ini merupakan aspek fotografi yang paling diabaikan oleh fotografer pemula, tetapi fotografer profesional terobsesi dengan hal itu. Pencahayaan adalah hal terpenting untuk membuat foto terlihat profesional .

Sekarang apa yang membuat pencahayaan terlihat menarik? Pertama-tama, ini berbeda dari yang biasa kita lihat. Kedua, ini menyoroti subjek dan menyajikannya dengan cara yang menakjubkan.

Ada banyak cara agar potret fotomu memiliki pencahayaan yang lebih menarik. Anda dapat menempatkan orang tersebut di tempat teduh untuk memberikan pencahayaan yang merata pada wajahnya, atau kamu juga dapat memunggungi mereka ke matahari sehingga bayangan yang pekat tidak menutupi wajahnya.

Dengan layar landscape, waktu dalam sehari sangatlah penting. 95% dari foto lanskap dalam portofolio saya tentang bidikan terbaik yang pernah saya ambil, difoto di pagi hari saat matahari terbit atau larut malam saat matahari terbenam. Fotografer pemula sering mengabaikan tip penting ini dan mencoba membuat foto di tengah hari. Itu jarang menjadi resep untuk sukses.

penyimpangan-foto

Tips #2 : Tidak Adanya Penyimpangan ( Aberasi )

Penyimpangan dalam fotografi adalah sesuatu yang tertinggal di gambar yang bukan termasuk dalam gambar. Itu membuat foto terasa berantakan dengan gangguan yang membuat pemirsa tidak menikmati subjeknya.

Saya paling sering melihat aberasi di sekitar tepi bingkai. Mudah bagi fotografer untuk memperhatikan orang yang mereka potret, dan melupakan sampah di latar belakang, tiang telepon yang jelek di kejauhan, dll.

 

Tips #3 : Pilih Subjek Yang Jelas

Jika Anda kesulitan membuat komposisi yang masuk akal, masalahnya kemungkinan besar Anda memilih terlalu banyak subjek sekaligus. Tentukan satu subjek yang akan menjadi pusat perhatian, dan kamu tentu akan mendapatkan gambaran yang jauh lebih menarik.

Sangat jarang saya melihat foto yang difoto dengan satu objek yang pas. Memperbesar sebagian pemandangan hampir selalu merupakan jawaban yang tepat untuk fotografer baru. Sebagian besar photographer newbie membutuhkan waktu setahun untuk belajar fotografi sebelum mereka akhirnya berani melakukan hal satu ini. Menurutmu, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan tips satu ini?

styling-digital

Tips #4 : Styling Digital

Styling digital sering diterapkan di Photoshop dan Lightroom dan memungkinkan fotografer untuk secara kreatif mengubah warna, kontras, dan pencahayaan.

Meskipun saya pribadi tidak terlalu menyukai filter di Instagram, kita semua telah melihat foto yang terlihat jauh lebih trendi dan kreatif ketika sebuah filter yang diterapkan pada suatu foto.

Jika Anda merasa siap untuk mempelajari bagian fotografi ini, saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasi photogrid dan mencari tips & trick di situs kamu ini guna untuk membantu Anda memulai dengan aplikasi edit foto yang sangat mudah kamu terapkan.

Download Photogrid dengan klik link berikut : Keunggulan Aplikasi Photo Grid Beserta Link Downloadnya

subjek-menarik

Tips #5 : Subjek Menarik

Menangkap subjek yang menarik biasanya merupakan bagian fotografi yang paling sederhana. Bahkan non-fotografer tahu bahwa beberapa hal lebih menarik dalam sebuah foto daripada yang lain.

Saran kami di sini sebenarnya kebalikan dari apa yang mungkin Anda pikir akan saya katakan. Bukan berarti Anda harus menemukan sesuatu yang menarik untuk diambil gambarnya (meskipun Anda harus melakukannya).

Saran saya adalah Anda harus berhati-hati agar tidak terlalu terpengaruh oleh subjek. Jika Anda terlalu bersemangat dengan subjeknya, Kamu dapat dengan mudah melupakan semua hal lain di halaman ini. Tangkap subjek yang menarik, tetapi setelah Anda menemukannya, jauhkan diri Anda sedikit dari kegembiraan, lihat bidikan dari tampilan 30.000 kaki dan perhatikan hal lain yang perlu Anda lakukan.

Tips #6 : Tingkat Ketajaman Foto Yang Pas

Ada begitu banyak faktor yang memengaruhi ketajaman foto sehingga sulit untuk mengetahui apa yang menyebabkan penurunan ketajaman pada foto Anda. Tetapi saya telah menemukan setelah melatih ribuan dan ribuan fotografer bahwa masalahnya biasanya fotografer tersebut tidak mendapatkan fokus yang tepat.

Saat mengambil gambar seseorang, penting untuk menempatkan titik fokus tepat pada mata orang yang Anda potret.

perspektif-foto

Tips #7 : Perspektif Yang Unik

Kadang-kadang saya menemukan subjek yang menarik, tetapi bukan pada tempat yang menarik untuk memotretnya. Jika kalian melihat pada foto profesional, foto tersebut sering kali diambil dari tempat yang tidak terlihat jelas. Misalnya, foto seorang CEO akan difoto dari bawah, menatap orang tersebut untuk membuatnya terlihat lebih kuat. Atau, dalam kasus memotret kota, kita sering ingin mendapatkan perspektif yang sangat tinggi untuk membidik dan melihat seluruh kota.

Itulah yang terjadi beberapa bulan lalu ketika saya berbicara di sebuah konferensi di Chicago dan memotret cakrawala dari puncak salah satu gedung tertinggi sehingga saya dapat melihat seluruh kota sekaligus.

Tips #8 : Komposisi Kreatif

Komposisi mungkin adalah hal yang paling sulit dalam daftar ini untuk diajarkan dalam waktu singkat, tetapi itu membuat perbedaan yang luar biasa.

Jika Anda memiliki sesi pemotretan penting dikemudian hari, saya sangat menyarankan agar Anda mulai mempelajari komposisi dengan setidaknya mempelajari aturan sepertiga . Aturan sepertiga adalah aturan komposisi paling dasar yang pada dasarnya memberi tahu fotografer untuk membayangkan papan tic-tac-toe pada bingkai gambar, dan meletakkan bagian foto yang paling menarik pada perpotongan garis-garis itu.

suasana-hati

Tips #9 : Suasana hati

Suasana hati adalah aspek fotografi yang sering diabaikan, tetapi menurut saya ini adalah cara terbaik untuk belajar membuat foto lebih bermakna. Saat mengambil foto, tanyakan pada diri Anda, “Suasana hati seperti apa yang akan disampaikan foto ini?”

Dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan itu, Anda akan terhindar dari mengambil foto seseorang dengan ekspresi kosong. Anda akan menyadari bahwa ekspresi orang tersebut tidak menunjukkan suasana hati dan Anda akan mengubahnya. Ini juga bisa terjadi dalam foto landscape. Lihat foto burung di bawah ini di depan matahari terbenam dan Anda akan melihat bahwa eksposur yang terlalu terang tidak menyampaikan suasana hati yang tenang.

tampak-foto-lebih-besar

Tips : #10 : Melihat Foto Tampak Lebih Besar

Setelah Anda menerapkan semua tip lain di halaman ini, cara Anda menyajikan foto juga akan membuat perbedaan besar dalam cara melihatnya dilihat oleh orang yang melihatnya. Jangan berani-berani memasukkan banyak pekerjaan ke dalam sebuah foto dan kemudian mencetaknya pada ukuran 8 × 10. Tunjukkan foto Anda secara besar untuk memberi pengaruh yang lebih besar!

Apakah Anda pernah melihat-lihat galeri fotografi? Perhatikan betapa besar fotonya? Itu karena hampir semua foto terlihat lebih baik dan lebih menawan ketika dilihat dalam layar penuh atau pada cetakan yang sangat besar.

Mencetak foto di kanvas menjadi semakin populer. Saya telah jatuh cinta dengan CanvasPop ! Mereka membuatnya sangat mudah untuk mencetak foto-foto indah Anda di kanvas . Mereka juga menawarkan cetakan berbingkai , potret hewan peliharaan , kolase foto , dan kanvas Triptych (Saya benar-benar sangat menyukainya).

Kesimpulan

Jika Anda hanya dapat melakukan beberapa hal ini di foto Anda, buatlah sebagai berikut: tangkap pencahayaan yang menarik, gunakan komposisi kreatif, dan ingat untuk menata foto secara digital dengan aplikasi terbaik sesudahnya seperti photogrid.

Apakah Anda punya tip untuk ditambahkan? Kami akan menyukainya jika Anda mengirimkannya kepada kami di halaman KONTAK KAMI. Tingkatkan Fotografi Anda di Media sosial dan bagikan cerita dan suasana hati melalui setiap foto yang kalian tangkap.

Dan untuk anda yang ingin mendapatkan banyak ide tentang seni photography, bisa baca postingan menarik dari kami seperti bebera post dibawah ini :

.

You may also like...